Wisata Kuliner Lezat Di Klaten Yang Terkenal - Wisatawow

Sabtu, 13 Juli 2019

Wisata Kuliner Lezat Di Klaten Yang Terkenal

Tempat Wisata Kuliner Di Klaten - Ini ia daftar kuliner enak di Klaten Jawa Tengah yang paling terkenal dan recommended. Dari mulai kuliner khas, jajanan tradisional, hingga hidangan nusantara ada semua disini. Gak kalah enak deh bila dibandingkan dengan aneka masakan di Jogja atau pun Bandung.

Kota Klaten yang terletak antara Yogyakarta dan Solo sering menjadi tempat persinggahan para wisatawan yang sedang bepergian ke dua kota tersebut. Selain mempunyai sejumlah destinasi wisata yang cukup terkenal menyerupai Umbul Ponggok, Klaten juga punya sajian masakan enak yang bakal bikin kau ketagihan.

Sebut saja sup ayam Pak Min Klaten yang sudah tersohor di Kota Yogyakarta dan kota-kota lain di Indonesia. Tak hanya sup, kau juga dapat merasakan masakan khas-nya yang benar-benar maknyus.

Nah, pada kesempatan kali ini akan membuatkan isu rekomendasi tempat makan enak di Klaten yang dapat kau jadikan acuan ketika liburan disini. List yang aku buat ini untuk semua kalangan, jadi bagi kau yang muslim wajib berhati-hati, pilihlah masakan yang halal!

Daftar Tempat Wisata Kuliner Khas Di Klaten Yang Enak Dan Terkenal

1. Sop Ayam Pak Min

Siapa seh yang tak mengenal sop ayam buatan Pak Min Klaten? Dengan cita rasanya gurih menciptakan Sop Ayam Pak Min menjadi primadona masakan enak di setiap sudut kota Klaten. Bahkan ketika ini Pak Min sudah mempunyai cabang di banyak sekali kota besar di Indonesia.

 Ada banyak sekali macam jenis sop ayam yang dijajakan di warung makan ini menyerupai sop ayam campur dan pisah mulai bab kulit, daging, hingga kepala ayam.

Berbeda dengan soto pada umumnya, sop ayam ini tidak memakai bumbu jahe dan santan. Sop Ayam Pak Min yang dikenal juga dengan sebutan sop ayam pecok orisinil Klaten ini memakai ayam kampung sebagai kaldunya.

Kuahnya yang begitu bening dengan aroma yang enak akan menggugah selera kau untuk segera menikmatinya. Sop ayam ini juga sangat enak dinikmati dengan lauk pauk yang tersedia menyerupai tempe, tahu, dan perkedel.

2. Sop Ayam Pak Slamet

Satu lagi sop ayam khas Klaten yang terkenal enak yaitu Sop Ayam Pak Slamet. Warung sop ayam pak ini mulai buka dari pukul 6 pagi. Jadi, pas banget buat hidangan sarapan pagi kau di Klaten.

Sop Ayam Pak Slamet disajikan dengan ayam yang dapat di pilih sendiri oleh pembelinya. Setelah pembeli menentukan pilihannya barulah ayam di potong dan di sajikan dengan komplemen kol dan juga kuah yang di beri cabai rawit.

Sebagai lauk tambahan, tersedia juga tahu , tempe, perkedel dan lauk lainnya. Untuk lokasi Sop Ayam Pak Slamet terletak di Jl. Wijaya Kusuma No. 6 dan Jl. Pemuda Klaten.

3. Nasi Tumpang Lethok

Selain nyobain sop ayamnya yang maknyus, kau juga wajib deh merasakan kuliner khas Klaten yang berjulukan Nasi Tumpang Lethok. Kuliner khas Klaten ini dapat kau temukan di sepanjang Jl. Mayor Kusmanto hingga kawasan perlimaan Bramen di pagi hari.

Salah satu tempat makan enak yang menyediakan Nasi Tumpang Lethok yaitu warungnya Mbak Riyanti. Kamu dapat memesan Nasi Tumpang Lethok istimewa komplit untuk mengobati rasa penasaranmu soal cita rasanya.

Hidangan masakan ini disajikan dengan kurapan gudangan daun pepaya, bayem, nangka muda, daun jeruk, telur rebus, krecek, dan koyor. Rasanya benar-benar mantap di pengecap dengan sajian bumbu yang khas banget.


4. Ayam Bakar Pak Widodo

kuliner enak di Klaten Jawa Tengah yang paling terkenal dan recommended 15 Tempat Wisata Kuliner Enak Di Klaten Yang Terkenal
Ilustrasi Ayam Bakar (Foto : hujanbulanmei.tumblr.com)
Selain ayam panggang, kau juga dapat nyobain kelezatan Ayam bakar di Klaten. Nah, salah satu ayam bakar paling terkenal di Klaten yaitu Ayam Bakar Pak Widodo.

Untuk merasakan kenikmatannya, kau dapat pribadi tiba ke cabangnya ayam bakar Pak Widodo yang berada di utara masjid Sidowayah Klaten, tak jauh kok dari alun-alun Klaten.

Ayam bakar Pak Widodo ini dibakar dengan banyak sekali bumbu yang begitu meresap hingga ke dalam dagingnya. Tak ayal ayam bakar ini pun menjadi jawara ayam bakar paling enak di Klaten.

5. Soto Bebek & Bebek Bacem

kuliner enak di Klaten Jawa Tengah yang paling terkenal dan recommended 15 Tempat Wisata Kuliner Enak Di Klaten Yang Terkenal
Ilustrasi soto angsa dan angsa bacem khas Klaten (Foto : kulineranbarenglala.blogspot.co.id)
Tak hanya Semarang dan Kudus yang punya soto khas, Klaten juga ada lho! Namanya Soto Bebek yang biasa dimakan dengan angsa bacem.

Soto angsa ini dapat kau jumpai di kawasan Karanglo, Gondang, Klaten. Di sepanjang jalan raya Jogja-Solo ini, bakalan kau temui formasi warung soto bebek. Salah satu warung soto angsa yang paling terkenal, enak, dan legendaris yaitu milik Bu Siswo yang sudah bangun semenjak 1953.

Warung Bu Siswo lokasinya tak jauh dari pabrik gula Gondang Winangun. Selain soto bebek, hidangan andalan lain di tempat makan ini yaitu angsa bacem. Konon kabarnya warung inilah yang pertama kali memperkenalkan masakan angsa bacem di Klaten.

Bebek bacem ini disajikan dengan bacem goreng dan bacem yang dibakar. Rasany benar-benartop markotop (pinjam istilahnya pak bondan winarno, hehe). 
Buat kau para pecinta olahan daging bebek, rasanya wajib deh mendatangi warung soto angsa dan angsa bacem Bu Siswo ini ketika kau liburan di Kota Klaten.

6. Bakmi Miroso
kuliner enak di Klaten Jawa Tengah yang paling terkenal dan recommended 15 Tempat Wisata Kuliner Enak Di Klaten Yang Terkenal
Bakmi Miroso Klaten (Foto : makanjogja.com)
Bagi kau yang suka kuliner chinese food, di Klaten ada juga rumah makan yang menyajikan aneka kuliner ini. Namanya yaitu Bakmi Miroso yang terletak tak jauh dari alun-alun Klaten. Namun posisinya berada di dalam kampung sehingga agak susah dicari.

Bakmi Miroso yaitu rumah makan enak di Klaten yang terkenal dan legendaris. Semua masakan chinese food tersedia di rumah makan ini, mulai dari nasi goreng, ayam koloke, hingga mie ayam pangsit.

Comments


EmoticonEmoticon